Pages

Tuesday 14 August 2012

Santika Baru Seafood for Seafood Lovers



Kali ini masih menjajah daerah Bendungan Hilir (Benhil). Kami sudah merencanakan untuk mencoba warung kaki lima seafood di salah satu sisi Jalan Bendungan Hilir. Street food spesialis seafood ini bener-bener menarik perhatian saya dan partner wiskul saya, mas Ito. Gimana ga? Selain karena menu seafood-nya, warung kaki lima ini ramainya minta ampun – mulai dari penjalan kaki sampai yang bermobil mewah, dari pengunjung ‘lokal’ sampe ‘interlokal’ (bule) – dari seberang jalan aja sudah bisa kecium aromanya, dan untuk ukuran warung kaki lima, space warungnya besar sekali, rasanya cukup menampung lebih dari 100 orang! Intinya, kami benar-benar kena magnetnya *droooling*.



Sepulang kerja, saya dan mas Ito menuju ke Santika Baru Seafood untuk berbuka puasa bersama. Begitu masuk, waah.. rameenyaa! Seluruh kursi hampir penuh. Dan sebanding dengan pengunjung yang datang, pelayan dan kokinya pun juga banyak sekali. Para koki dengan seragam orange berjajar dekat pintu masuk asik memasak, sedangkan pelayannya – ada yang berseragam ada juga yang berpakaian bebas – sibuk mondar-mondir mengantarkan makanan dengan jumlah yang cukup banyak. Meskipun harus menunggu sebentar sebelum meja dibersihkan dan disodori daftar menu, para pelayan terlihat tanggap, termasuk untuk urusan potret memotret. Hehehe, mereka sudah biasa kali yah jadi tukang foto dadakan bagi pengunjung yang sebagian besar datang ramai-ramai dengan teman dan kerabat. Kalo memang harus menunggu sebentar, wajar sih, karena memang pengunjungnya lagi banyak-banyaknya. Beragam seafood tersedia di sini, mulai dari beragam olahan udang, cumi, ikan, kepiting, kerang, sampai makanan chinese food dan beberapa menu pelengkap seperti Nasi Goreng, Kwetiau, Bihun, Bistik, Fuyung Hai, Cah Kangkung, Jamur, Kailan, Brokoli, dan masih banyak lagi.

Setelah berganti-ganti pesanan – karena bingung pengen semuanya – akhirnya kami memutuskan memesan Udang Saus Padang, Kerang Rebus, Jamur Cah Cumi, dan Nasi Putih (porsi utuh). Kenapa saya kasih embel-embel porsi utuh untuk nasi? Karena di sini nasi putih tersedia yang porsi utuh dan ½ porsi. Tapi setelah pesanan datang, porsi utuhnya ternyata ga sebesar itu. Standar banget, entah gimana kalau ½ porsi, jadinya sedikiit banget buat saya. Hhehe..

Time to eat ~
Meskipun pengunjung lagi banyak-banyaknya, kita sama sekali ga perlu menunggu lama. Pesanan kami datang cukup cepat, mulai dari minum sampai makanan terakhir datang ga berselang terlalu lama. Menu pertama yang datang adalah Kerang Rebus lengkap dengan saus sambal yang dicampur semacam saus kacang yang sangat halus. Porsinya sedang, sekitar 15-20 kerang, tapi ukurannya cukup besar. Bahkan untuk ukuran yang paling besar rasanya saya belum pernah makan kerang yang sebesar itu. Hehehe. Menu ini jadi semacam camilan sebelum menu selanjutnya datang. Kerang cukup diambil dari cangkangnya dengan mudah dan dicocol ke sambal. Rasanya cukup enak, hanya saja buat saya kurang terasa bumbunya, hanya terasa seperti direbus biasa dengan bumbu minim. Biasanya sih, rebusan gini dibumbui dengan bawang putih dan garamnya. Tapi Kerang Rebus ini ga amis dan ga eneg juga.



Ga lama menu kedua kami, Jamur Cah Cumi, datang. Ternyata isinya ga hanya jamur dan cumi, tetapi dengan tambahan kembang kol dan kacang kapri. Kuahnya agak sedikit kental dan rasanya gurih. Kemudian yang terakhir, menu utama kami datang, Udang Saus Padang. Datang dengan sangat menggoda, besar dan kemerahan dengan asap mengepul *okay, can’t stop drooling*. Semua makanan ini memang disajikan hangat, fresh from the open. Porsi udangnya cukup untuk kami berdua, 5 udang dengan saus padang yang sangat kental. Sausnya bener-bener enak, pedas, gurih, manis. Mamamiaa! Juara! Kami bahkan main cocol Kerang Rebus ke saus ini, jadinya jauh lebih berasa. Hmmm.. Yummy! Oia, bagi yang pengen sambal , kadang memang perlu minta langsung ke pelayannya, karena untuk menu tertentu hanya disuguhkan jika diminta. Dengan sigap langsung dibawakan 2 macam sambal, sambal cabe dan sambal kecap, keduanya pedasnya mantap, ada rasa asemnya juga di sambal cabe.



Selesai makan kami benar-benar kenyang dan puasss. Dari ketiga menu yang kami pesan, kami berdua sepakat Udang Saus Padang menu favorit kami. Mantapp banget! Nulis begini aja bikin saya nelen ludah, laper pengen makan udangnya lagi. Ohoho..

Note: Oia, sekitar jam 7 malam biasanya ada permainan musik juga di sini. Jadi berasa makan di cafe-cafe deh.

Location
Santika Baru Seafood
Jalan Pasar Benhil, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Depan Bank BCA dan Toko Stationary

Opening Hours
Monday – Sunday 18.00 – 01.00

No comments:

Post a Comment