Pages

Thursday 28 June 2012

PRJ 2012 Punya Cerita..

Siapa sih yang ga tahu Pekan Raya Jakarta? Apalagi yang ngakunya orang Jakarta atau orang yang tinggal di Jakarta. Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah event pameran tahunan terbesar di Indonesia yang (biasanya) berlangsung selama satu bulan penuh untuk memperingati hari jadi Kota Jakarta. Seperti tahun ini yang diadakan mulai tanggal 14 Juni - 15 Juli di JIExpo Kemayoran.

Sebenarnya ini adalah tahun pertama saya berkunjung di PRJ. Hhehe.. Tahun lalu saya tidak sempat mengunjungi satu kali pun karena pekerjaan yang ga kenal waktu. Saya sendiri penasaran dengan acara yang banyak disebut-sebut orang ini dan penasaran dengan kata 'pameran terbesar di Indonesia'. Sebesar apa sih? Emang ada apa aja?

Akhirnya datanglah saya ke PRJ di minggu pertama event, atau tepat di hari kedua diselenggarakannya PRJ. Bagi pengguna busway, dari Koridor 1 (Blok M - Kota) transit di Shelter Harmoni dan Senen kemudian lanjut menuju ke Shelter Jembatan Merah di Koridor 5 (Kp. Melayu - Ancol). Eits, belum selesai.. Dari Shelter Jembatan Merah jalan sedikit ke samping Hotel Sheraton kemudian naik Mikrolet 53. Akhirnya dengan usaha extra karena jarak yang cukup jauh dan cuaca yang hangat panas, sampailah saya ke Arena PRJ yang ber-ac (bagian indoor) dan pengunjungnya pun ternyata belum terlalu heboh *sujud syukur*.

Hmm..ternyata memang benar-benar besar. Besaaarr banget sampai sekitar 6 jam keliling pun yang saya pikir sudah keliling kesemua pelosok ternyata masih belum juga (saya baru sadar ketika kunjungan -ga terencana- kedua saya di minggu selanjutnya yang ternyata jauuh lebih ramai). Phewh..whew!

Ada apa saja? yeah, mau minta apa? Rasanya hampir semuanya ada disini. Mulai dari stand produk industri kecil tiap propinsi, UKM, furniture, interior, fashion dari ujung kepala samapai kaki - dari yang biasa sampai branded, otomotif, handycraft, garment, sport & health, telekomunikasi, banking, stationary, komputer, handphone & elektronik, property, kosmetik, food & beverage, sampai arena bermain (khususnya buat anak-anak) dan kawan-kawannya deh (sampai pegel nyebutinnya "tersenyum lebar). Ini seperti pasar malam yang buka all day long. Acaranya sendiri ada Konser Musik, Pesta Kembang Api Spektakuler, Malam Muda Mudi, Pemilihan Miss Jakarta Fair, Panggung Kesenian di Taman Budaya, Karnaval, dan lainnya. Menyenangkan juga lihat berbagai barang-barang menarik dengan berbagai promo diskon (hhe..teteup..) dan bagi kaum adam mungkin juga lebih menarik karena SPG cantik yang bertebaran disetiap stand. Oleh-olehnya yang paling khas adalah capeek dan snack-snack yang biasanya sudah dipaket dengan harga sekitar 10-20 ribu tersenyum lebar. Bahkan saya sempat dengar salah satu kenek bus bilang, "PRJ pasti chiki-chikian. Keliatan banget dah yang bawa chiki pasti dari PRJ. Dari jaman gw bocah chikiii mulu". Hahaha.. saya baru tau kalau ternyata chiki jadi semacam PRJ-trend.

Well, yang mau datang masih ada waktu sekitar 17 hari lagi. Siapkan duit (bagi yang mau belanja-belanji) dan yang pasti fisik. Hhehe..  

NOTE: Bagi yang pengen tau lebih lengkap tentang event PRJ - termasuk Jadwal Konser Musik dan Denah Pameran - just check it out  :)

2 comments:

  1. waw PRJ..

    taun depan kesana ahh.. mau beli helm..

    ReplyDelete
  2. Hhaha.. ga kurang jauh mo beli helm aja mesti ke Jakarta dulu

    ReplyDelete